Sabtu, 05 Februari 2011

hal yang harus di perhatikan dalam bisnis jual beli website

        Bisnis jual beli website/blog merupakan jenis bisnis internet dengan potensi yang sangat menggiurkan.

         Profitnya memang tidak datang secara langsung karena kita perlu membesarkannya terlebih dahulu sebelum kita menjual dan memetik hasilnya. Ya, sama seperti ladang yang harus dirawat sejak dini hingga benar-benar tumbuh dengan subur lalu bisa kita petik hasil panennya.

           Sebenarnya menjual website sendiri merupakan suatu hal yang sangat disayangkan, karena itu merupakan aset virtual sebagaimana bangunan atau toko di bisnis konvensional, apalagi jika web tersebut telah tumbuh besar. Namun karena suatu hal tidak sedikit orang yang menjual websitenya.

         Anda berniat membeli atau menjual website, tips bisnis kali ini akan mencoba mengulas apa saja yang harus diperhatikan ketika melakukan transaksi jual beli website atau blog.

1. Bagi Penjual:

- Layakkah untuk dijual ?

Hal yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri saat Anda mau menjual website Anda adalah apakah web Anda telah layak untuk dijual. Dalam artian, jika web Anda baru seumur jagung seharusnya Anda membesarkannya terlebih dahulu agar nilai jualnya tinggi.

Memang bisa saja Anda menjual di usianya yang masih dini, tapi mungkin profit yang akan Anda dapatkan biasanya sesuai dengan nilai pada web Anda.

-Profitablekah ?

Seperti disebutkan sebelumnya, menjual website yang merupakan hal yang sangat disayangkan, apalagi jika web Anda tumbuh besar. Namun jika itu terpaksa dilakukan, mungkin Anda perlu mengkajinya lebih dalam lagi.

Jika biasanya web/blog Anda bisa menghasilkan rata-rata 3  juta dalam sebulan, kemudian ada orang menawarnya sebesar 50 juta, tentu saja ini tawaran yang bisa menggoda. Dengan jumlah segitu, memang Anda sudah tidak bisa meraih keuntungan rutin 3 juta perbulan dari web yang Anda jual tersebut.

Di lain pihak dengan modal 50 juta dari keuntungan yang Anda dapatkan, Anda bisa menggunakan modal tersebut untuk perputaran demi meraih profit yang lebih cepat. Tentu saja semua butuh banyak pertimbangan, dan masih banyak aspek yang harus diperhatikan.  Semua kembali pada kebijakan Anda dalam menentukan sebuah pilihan.

- Gunakan Metode Lelang

Masih ingat dengan bola yang digunakan pesepakbola dunia David Beckham saat  gagal melakukan eksekusi penalti ?

Ya, gara-gara yang gagal menendang adalah seorang yang sangat populer tidak hanya di dunianya tapi juga di dunia entertaint, selain juga faktor  eventnya yang besar, bola itu akhirnya dilelang dan berhasil membawa keuntungan yang sangat besar, entah berapa juta dollar yang didapat pada waktu itu.

Yang jelas, dengan menggunakan sistem lelang, keuntungan yang akan Anda dapat jauh lebih besar ketimbang Anda menjualnya secara langsung, karena semua orang akan berlomba-lomba untuk mendapatkannya dengan harga penawaran saling menjadi yang terdepan.

2. Bagi Pembeli:

- Faktor Trafik (Alexa Rank)

Jika posisi Anda adalah seorang pembeli, maka hal pertama yang harus Anda lihat adalah faktor trafik atau lalu lintas pengunjung. Jika web tersebut memiliki trafik yang besar, sudah pasti web seperti ini akan sangat menguntungkan untuk dibeli. Tapi web seperti ini biasanya juga mempunyai harga yang sangat tinggi.

- Pagerank (PR)

Web ber PR tinggi merupakan buruan para pecinta SEO atau mereka yang suka berburu backlink. Dengan memiliki PR tinggi akan memudahkan memenangkan posisi di SERP dalam perebutan suatu kata kunci.

Dengan PR tinggi ini Anda bisa menjual link di web Anda. Intinya, PR tinggi merupakan kriteria yang wajib Anda pertimbangkan dalam membeli sebuah website.

- Kualitas Konten

Faktor konten ini tak kalah pentingnya dalam kaitannya pembelian website. Tak heran sebagian orang mengatakan: “konten adalah raja”.

Web yang disukai orang ataupun mesin pencari salah satunya adalah kualitas konten. Web dengan kualitas bagus beberapa cirinya adalah web yang mempunyai konten unik, bukan hasil copy paste, bisa memberi solusi atau manfaat bagi pengunjung dan kaya akan informasi.

- Berada di posisi terbaik search engine

Jika web tersebut bisa berada di posisi terbaik search engine dengan salah satu keyword yang sering dicari orang, terlebih sesuai dengan produk Anda, maka sudah sepantasnya Anda membeli website seperti ini.

- Support dengan Web Utama

Terkadang Anda membutuhkan web pendukung untuk menyokong web utama. Misalkan saja, web utama Anda membicarakan tentang otomotif, maka Anda bisa membeli web yang masih berhubungan dengannya, seperti jika web yang akan Anda beli tersebut membicarakan tentang accessories dan spare partnya.

Web seperti ini bisa menyokong web utama Anda dalam memberikan trafik tambahan, sebagai backlink untuk memperkokoh web utama karena mendapat backlink berkualitas yakni dari web yang masih relevan, dan sekaligus sebagai branding karena banyak yang membicarakan.

Itulah beberapa tips dan kriteria yang bisa Anda pertimbangkan dalam jual beli website ataupun blog. Masih banyak hal lagi yang harus dipertimbangkan. Jika memang ada, saya persilahkan Anda untuk menambahkan dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar